LET'S SHIRAKAWA- GOOO - keliling dunia

Friday, May 13, 2022

LET'S SHIRAKAWA- GOOO

Ketenangan Shirakawa-Go

Ketika saya mulai mengetik untuk menulis artikel ini, saya baru saja melihat berita bahwa Malaysia telah mencapai 20k plus kasus COVID-19 baru. Membaca berita dan memperbarui diri saya dengan kasus-kasus baru setiap hari adalah tiket sekali jalan ke kereta ~get-yourself-depressed~. Oleh karena itu, cara saya turun dari kereta itu adalah melamun dan mengenang hari-hari bahagia saya. Saya suka menganggap diri saya sebagai orang yang cukup sederhana karena sebenarnya sangat mudah untuk membuat saya bahagia. Definisi kebahagiaan saya adalah dapat menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai baik sendirian atau bersama orang-orang yang Anda sukai. Sejak pandemi datang untuk menyapa, saya belum bisa menjalani hari-hari bahagia saya sebanyak yang saya inginkan meskipun saya mencoba menemukan kebahagiaan dalam bentuk lain saat dalam karantina - yoga, Netflix, dan membaca.

Kemudian suatu sore ketika saya melihat keluar dari balkon di kondominium saya, saya memikirkan perjalanan terakhir yang saya lakukan sebelum pandemi melanda. Itu adalah perjalanan keluarga ke Jepang dan saya sangat bersyukur kami melakukan perjalanan itu. Tepat ketika saya memikirkan perjalanan, di sinilah kita sekarang. Karena memikirkan perjalanan saya membuat saya bahagia, saya memutuskan untuk menulisnya secara acak karena itu adalah sesuatu yang selalu ingin saya lakukan – mendokumentasikan secara acak hal-hal yang saya lakukan yang membuat saya bahagia.

Gassho-zukuri roof

Perjalanan Jepang yang kami mulai meliputi area Osaka, Kinosaki & Kyoto. Kami memutuskan untuk tidak memasukkan Tokyo ke dalam perjalanan karena kami hanya memiliki waktu sekitar 10 hari dan kami tidak ingin memasukkan terlalu banyak hal ke dalam rencana perjalanan kami karena itu berarti kami akan terburu-buru di seluruh perjalanan mencoba untuk mencakup sebanyak mungkin hal dan Saya sangat senang kami memutuskan itu karena kami sangat menikmati perjalanan yang tidak terburu-buru! (Juga, diam-diam, kami menyelamatkan Tokyo untuk Musim Semi). Sejak kami berada di Kyoto, kami juga mengambil kesempatan untuk melakukan perjalanan sehari ke Shirakawa-Go yang banyak dibicarakan di prefektur Gifu.

UNESCO Heritage with Oyo, Katsuyo & Koyo came out to play

Shirakawa-Go telah dinyatakan sebagai Warisan UNESCO sejak 1995 untuk rumah pertanian gassho-zukuri (dibangun seperti tangan dalam doa) tradisional mereka yang terkenal. Arsitektur dan rekayasa rumah pertanian dirancang untuk menahan hujan salju lebat selama musim dingin. Beberapa rumah telah ada selama sekitar 250 tahun (wow itu sangat panjang!). Kebanyakan orang mengunjungi Shirakawa-Go selama musim dingin karena dikenal sebagai tempat tercantik saat salju tebal mendarat di atap rumah pertanian. Saya berada di sana selama musim gugur (Jepang: Momiji) dan itu adalah pemandangan memesona yang berbeda sama sekali! Memang, saya sedang melihat lukisan kehidupan nyata. Karena seluruh area dikelilingi oleh pegunungan tinggi, Anda dapat benar-benar melihat dedaunan musim gugur yang mengelilingi desa Omigachi.

Dari Kyoto, kami naik kereta 3 jam ke stasiun Kanazawa. Kenapa Kanazawa? Karena itulah pemberhentian terdekat untuk naik bus ke Shirakawa-Go. Perjalanan dari stasiun Kanazawa ke Shirakawa-Go sekitar 1,5 jam. Jadi ya, kami harus memesan tiket bus terlebih dahulu untuk sampai ke Shirakawa-Go. Ini bukan sesuatu di mana Anda bisa naik atau turun seperti Anda berada di kota. Ini hampir mirip dengan memesan perjalanan sehari untuk mengunjungi tempat itu. Kami hampir tidak berhasil sampai ke Shirakawa-Go karena saat kami merencanakan perjalanan kembali ke Malaysia dan bertanya-tanya tentang perjalanan ke Shirakawa-Go, tanggapan yang kami dapatkan kebanyakan adalah bahwa kami bisa mendapatkan tiket bus di Kanazawa stasiun dan diberi tahu bahwa kami tidak perlu membeli tiket apa pun sebelum perjalanan. Ketika kami berada di Kyoto sekitar 3 hari sebelum tanggal perjalanan yang kami tuju ke Shirakawa-Go, saudara perempuan saya memeriksa tautan yang diberikan agen perjalanan kepadanya di KL pada layanan bus untuk Shirakawa-Go dan yang membuatnya ngeri, banyak bus memiliki label – “FULL”. Ini hanya berarti bahwa, banyak orang telah memesan tiket ke Shirakawa-Go dan sebagian besar bus pulang pergi hampir terjual habis. Di tengah semua kepanikan itu, kami memutuskan untuk mengubah sedikit rencana perjalanan kami (Alhamdulillah untuk rencana perjalanan yang benar-benar keren) dan memutuskan untuk pergi ke Shirakawa-Go pada tanggal yang lebih awal yang bukan akhir pekan. Untungnya, kami dapat membeli bus pagi ke Shirakawa-Go dan tiket malam kembali ke Kanazawa. Hadiah yang membuat semua kekacauan dan momen panik menjadi berharga adalah pemandangan seluruh desa Omigachi di Shirakawa-Go dari titik pengamatan.

Ketika kami tiba, hal pertama yang kami lakukan adalah mendaki sebentar ke dek observasi (sangat disarankan sebelum ramai di sore hari). Di dek, terdapat toko-toko yang menjual makanan ringan, makanan dan juga oleh-oleh. Dari dek observasi, Anda bisa melihat rumah pertanian gassho-zukuri kecil yang dikelilingi oleh dedaunan musim gugur. Selama perjalanan saya, Jepang belum mencapai puncak musim gugur karena itu, kami cukup beruntung untuk menyaksikan semua 4 warna daun maple Jepang bersama-sama. Selama musim momiji (musim gugur) di Jepang, itu mewakili perubahan warna daun musim gugur. Daun maple Jepang istimewa karena berubah dari hijau menjadi kuning (Oyo) menjadi coklat (Katsuyo) dan akhirnya merah (Koyo). Seperti yang saya katakan, itu seperti menyaksikan lukisan kehidupan nyata.

Pemandangan seluruh Desa Omigachi dari dek observasi

Desa ini sangat kecil dan jika Anda melakukan perjalanan pulang pergi, dibutuhkan sekitar 2-3 jam untuk menjelajahi seluruh tempat. Kami makan siang di dek observasi dan melanjutkan berjalan-jalan di sekitar desa untuk melihat dari dekat rumah-rumah pertanian. Anda akan terkejut bahwa sebenarnya banyak dari mereka yang tinggal di rumah pertanian adalah penduduk setempat. Untuk mendapatkan pengalaman penuh, banyak yang akan merekomendasikan menghabiskan satu malam di rumah pertanian dan menikmati onsen juga. Mungkin, lain kali, kami akan kembali selama musim dingin dan menghabiskan malam untuk menyaksikan seluruh desa menyala selama musim dingin dan atapnya dihiasi oleh salju.